Tutorial Membuat Flat Design : Meteor!!!

Meteor Tutorial From Swerve
Inspirasi itu bisa datang dari mana saja. Bahkan dari video-video tutorial lain, contohnya gambar diatas. Semuanya asal kreatif kita bisa membuat apapun yang ada dalam pikiran kita. Kali ini Tutorial Adobe Illustrator CC gratis mengambil tema Meteor. So, Kawan-kawan bisa mengambil tutorial yang tersedia dimanapun itu, baik dalam bentuk video maupun dalam bentuk teks seperti blog saya ini.


Buka Adobe Illustratornya lalu buat new document dengan horizontal orientation. Biar lebih enak gambarnya. Terus Buat rectangle shape dengan Warna gelap kebiru-biruan. Entah apa nama warnya itu. Kode Hexnya adalah #0D0628.
Layer background dengan kode hex #0D0628
Nah, sekarang sudah selesai dengan backgroundnya. Kita sekarang buat objeknya dilayer baru saja, untuk background kita tadi ada dilayer pertama dan kunci saja.
Layer background yang dikunci
Oke, sekarang mulai kita buat objek meteornya pada layer kedua. Oh iya, untuk tips saja, kawan-kawan bisa merubah nama layer itu menjadi apa pun. Misal layer 2 itu kawan-kawan ubah menjadi meteor. Ini hanya sekedar tips.

Baiklah. Kita akan mulai menggambar.

1. Menggambar objek meteor shape pertama
Kawan-kawan, kita mulai dengan membentuk meteor yang sesuai dengan gambar awal tadi bentuk lah dengan menggunakan Ellipse tool dan beri warna. Kita buat dua buah lingkaran dengan menggunakan ellipse tool, seperti pada gambar. Untuk cara cepatnya, kawan-kawan tinggal copy-paste saja, untuk paste pada posisi yang sama dan berada pada posisi dibelakang objek lingkaran yang pertama tekan ctrl + B.
Ellipse tool
Nah, sekarang untuk memberikan efek api-apinya, terlebih dahulu kita bekerja pada objek lingkaran yang pertama. Untuk objek lingkaran yang kedua disembunyikan saja terlebih dahulu. Untuk membuat objeknya apinya kita mainkan rectangle tool kawan.
Gambar shape rectangle, presisi dengan diameter lingkarannya.

Rectangle Tool untuk membuat efek api meteor
Berilah warna untuk persegi yang pertama dengan warna yang sesuai dengan meteornya, yang kedua sesuai dengan warna background. Fungsi persegi yang kedua itu untuk presisi saja. Sisanya, kawan-kawan alt+ klik + drag kedua objek tersebut.
Gini nih jadinya entar, kawan-kawan sesuain ya.

 Nah, sekarang kita sesuain lagi posisi masing-masing shapenya.

Posisi dari rectangle yang sama dengan warna background tadi.
Kemudian Di group yang shape ini, tekan Ctrl + G.
grouping
PathFinder
Klik window >>  pathfinder atau dengan shortcut shift + ctrl + f9. Untuk memunculkan Jendela Pathfinder, Fungsi pathfinder disini adalah untuk menyatukan, atau membagi, atau Minus-front kedua shape, (untuk mengerti lebih dalam, langsung praktek untuk liat efek masih-masing jenis path finder). Kita praktekin ke Objek ini.
Minus-front
Menggunakan Minus Front pada shape yang mempunya warna sama dengan background
Caranya, Klik shape yang warna yang sama dengan warna background (nomor 1) dengan shape persegi (nomor 2) yang terlihat pada gambar. Jadi, untuk shape pertama tadi akan hilang, dan memberikan bentuknya pada shape nomor 2 tadi.
Efek Minus Front
Unite
Sekarang kita bermain di Unite pada pathfinder. fungsinya kalo minus front tadi menghilangkan shape yang berada pada depan shape 2, unite artinya menggabungkan berbagai objek menjadi satu objek saja.
Unite pathfinder
Nah, sekarang gabungkan dengan shape yang kedua tadi.
Efek Pathfinder
Oke sudah. Lalu gabungkan dengan shape lingkaran tadi dengan unite.
Hasil Akhir unite
Ps. Untuk menghilangkan Anchor point sudah dijelaskan kemaren dengan menggunakan remove selected anchor point.
Menambahkan efek ekor api meteor

Nah, sekarang kawan-kawan, tambahkan lagi efek apinya dengan menggunakan rectangle tool (M), sejajarkan dengan masing-masing ekor apinya. Sekarang kita buat rounded dengan menggunakan direct selected tool (A), kawan-kawan select anchor point yang menurut kawan-kawan keren dibuat rounded.
rounded effect

2. Menggambar objek meteor shape kedua
Kali ini kita akan melakukan hal yang sama dengan metode yang sama ketika membuat bentuk shape meteor. Tapi sebelum itu, Perlihatkan lagi gambar lingkaran yang tadi kita sembunyikan dan copy-paste lagi shape lingkaran dibelakang lingkaran kedua ini.
Menampilkan lingkaran dan membuat lingkaran lagi
Kemudian sembunyikan lingkaran yang ketiga ini. kita akan bekerja pada lingkaran yang kedua terlebih dahulu. Buat lagi bentuk persegi yang lebarnya sama dengan diameter lingkaran (lakukan klik dan drag pada objek)
bentuk persegi
Setelah selesai, buat bentuk persegi untuk ekor apinya (cara yang sama seperti membuat objek pertama tadi).
Unite dan Minus Front Path Finder

Kemudian, lakukan minus-front pada shape yang serupa dengan warna background dan unite grup persegi sisanya.
Hasil dari pathfinder
Kemudian, buat rounded pada sudut-sudut dari objek kedua.
Hasil Rounded
Dan, selesai. Kita sudah menyelesaikan objek yang kedua. Sekarang kita beralih ke objek yang ketiga. Sebelumnya, perlihatkan lagi objek yang disembunyikan tadi. dan Buat bentuk persegi seperti pada gambar dibawah.
Nah, jadi dalam membentuk flat design meteor ini, saya membuat 3 buah layer untuk meteornya. Sekarang tinggal edit dengan menambahkan planet seperti pada gambar awal inspirasi tadi.
flat design meteor
Selesai.

Previous
Next Post »