Tutorial Menggunakan Selection Tool Khusus Pemula

Selection Tool Dan Direct Selection Tool
Tutorial Adobe Illustrator CC Gratis. Setelah sebelumnya kita berkenalan dengan Bagaimana membuat Artboard atau membuat dokumen baru, kali ini saya akan membahas tools yang bernama Selection Tools. Mungkin dari kalian yang pernah menggunakan Corel Draw versi berapapun dan kemudian beralih kepada Adobe Illustrator CC, konsep selection tool adalah hal yang paling mendasar karena ini berkaitan dengan seleksi objek yang ada pada artboard kita. Pada awal penggunaan Adobe Illustrator saya sendiri masih merasa risih, karena perbedaan untuk seleksi secara Overall atau hanya menyeleksi salah satu node dari banyak node.
Ternyata pada akhirnya kita nanti akan dipermudah dengan dibedakannya jenis-jenis seleksi ini. Baik, kita akan mulai menjelaskan perbedaannya ke kawan-kawan.

1. Selection Tool (V)
Dalam banyak tutorial Adobe Illustrator, masalah ini paling awal digunakan. Adapun fungsinya adalah untuk menyeleksi objek/bentuk (shape) secara keseluruhan, untuk mengubah ukuran objek, menghapus objek, memindahkan objek, dan banyak kegunaan lainnya. Untuk shortcut keyboardnya adalah huruf "v".
Selection Tool (v)
Caranya dengan Klik selection tool (v) >> klik objeknya >> tarik titik-titik yang sudah disediakan otomatis untuk melakukan perubahan objek. Nanti prosesnya akan seperti ini.
Drag selection tool
Jika kalian merasa kebingungan"kenapa objeknya jadi tidak perspektif?". Ini adalah hal biasa, kebanyakan dari pemula langsung drag sana sini tanpa memikirkan konsep harmonis Triknya adalah pada tomboh "shift". Jadi, dengan kita menahan tomboh shift lalu menarik objeknya, kemudian objek tersebut menjadi lebih harmonis,bukan terlalu panjang atau terlalu tinggi. Ingat, kuncinya ada di tombol "SHIFT".


Saya kira untuk sekedar pengenalan, hal ini sudah cukup, pada postingan selanjutnya kita akan berkenalan dengan teknik "transform" yang nantinya akan sangat membantu untuk merubah objek ke dalam bentuk lain atau merubah ukurannya.

2. Direct Selection Tool (A)
Mungkin dari sebagian kalian yang sudah paham dengan teknik seleksi di Corel Draw agak sedikit dipusingkan dengan kondisi di Adobe Illustrator. Teknik ini adalah merubah bentuk objek sesuai dengan node (titik) atau Anchor Point yang nantinya diseleksi. Bisa melakukan seleksi node atau anchor ini satu per satu atau bisa dengan menyeleksi titik yang ingin kita kustomisasi nantinya.
Direct Selection Tool (A)
Untuk mengetahui efeknya seperti apa, ada baiknya saya memberikan penjelasan sedikit tentang pembuatan objek atau shape dengan menggunakan Path Tool (p). Di toolbar yang sudah disediakan kalian klik icon path tool kemudian bentuk sebuah objek terserah kalian asalkan Anchor awal dan Anchor akhir bersatu, sehingga menghasilkan sebuah bentuk yang sempurna, seperti dibawah ini. Atau dengan shortcut "P".

Menggunakan Path Tool (P)
Jika sudah, Sekarang mari kita beraksi menggunakan Direct Selection Tool (A) untuk menrubah bentuk dari objek yang kita buat sebelumnya. Caranya adalah, kawan-kawan, klik icon Direct Selection Tool atau pada keyboard tekan "A" lalu Klik anchor yang ingin kalian perbaiki. Contoh disana ada 4 Anchor points seperti sebuah layang-layang. Kita buat dia agak rapi sedikit.
Direct Selection Tool merubah Objek.
Voila, dengan menggunakan Direct Selection Tool (A) maka objek yang berbentuk layang-layang tadi berubah menjadi jajar genjang. Begitulah Konsep Umum ketika kita menggunakan Direct Selection Tool (A), dia tidak merubah secara keseluruhan (berbeda dengan Selection Tool (V)), akan tetapi merubah anchor yang kita kehendaki perubahannya. Kita juga bisa mengihilangkan anchor yang tidak inginkan, misalkan ketika kita ingin membuat bentuk objek tersebut menjadi segitiga saja. Caranya adalah Pada Menu bar (setelah mengklik objek dengan Direct selection Tool) ada icon "remove selected anchor points" (tanda bulat di gambar bawah). Dengan otomatis, ketika salah satu anchor yang diseleksi kemudian mengklik icon remove selected anchor points, langsung hilang dan merubah bentuknya menjadi segitiga.

 
Menghilangkan Anchor Point

Ps. Ketika kawan-kawan mengklik objek dengan Direct Selection Tool, semua node dari objek bakal di seleksi secara keseluruhan. Jadi Kawan-kawan nantinya klik lagi node yang ingin diubah.

Kesimpulan
Sekarang mungkin kita sudah mengetahui perbedaan ketika menggunakan Selection Tool (V) dan Direct Selection Tool (A) pada Adobe Illustrator. Ketika Menggunakan Selection Tool (V) kita hanya bisa merubah bentuk atau menghilangkan objek atau memindahkan objek tanpa bisa merubah bentuk secara total. Akan tetapi dengan Direct Selection Tool (A) kita tidak bisa memindahkan objek akan tetapi bisa merubah objek sesuai dengan apa yang kita kehendaki. Demikian penjelasan mengenai Selection Tools pada Adobe Illustrator CC kali ini. Mudah-mudahan bisa memberikan pencerahan bagi para pemula. Terima Kasih.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
10 Oktober 2017 pukul 05.38 ×

Gan mau tanya, di ai saya selection toolnya ga berfungsi kayak biasanya. Malah jadi alih fungsi kayak direct selection. Itu kirakira kenapa ya? Butuh banget nih gan

Reply
avatar
Unknown
admin
21 Agustus 2020 pukul 07.10 ×

Shape yang tidak disediakan oleh AI secara otomatis apa bray

Reply
avatar