Tutorial Mengenal Adobe Illustrator CC Khusus Pemula : Membuat Artboard Baru

Tutorial Adobe Illustrator CC Gratis. Selamat datang bagi para Illustrators, Awal ini Tutorial Adobe Illustrator akan mengawali aksinya dengan mengupas sedikit tentang Adobe Illustrator. Tentunya kalian pasti sudah mengenal beberapa aplikasi desain grafis berjenis vektor seperti Corel Draw, Beneba canvas, dan sejenisnya. Akhir-akhir ini, semakin banyak pengguna aplikasi desain grafis yang beralih menggunakan Adobe Illustrator.
Dengan kata lain, aplikasi ini merupakan suatu terobosan baru yang patut dicoba dengan berbagai keunggulan tools didalamnya. Kita akan mulai dengan pengenalan dasar, agar nantinya kawan - kawan sudah terbiasa dengan aplikasi yang satu ini.

1. Membuat ArtBoard Baru
Kawan-kawan mungkin sudah paham dengan kondisi yang seperti ini, seperti dengan kebanyakan aplikasi lainnya. Jika kita ingin membuat sesuatu maka yang diperlukan adalah membuat dokumen (artboard) baru yang nantinya akan menjadi bahan projek kita.
Klik File >> New... >> (akan muncul Jendela New Document)
File >> New...


Jendela New Document
Sekarang, pada jendela baru ini. Kawan-kawan bisa tulis apa aja nama documennya, contohnya seperti "untitled-3" itu diganti "MyFirstProject". Untuk Ukuran Kertas, kawan-kawan bisa ganti dengan ukuran sesuai selera, untuk kali ini kita buat default A4. Kawan-kawan juga bisa pilih Orientasinya bisa vertikal maupun horisontal. Klik "Orientation" supaya memberikan efeknya. Atau kawan-kawan menginginkan Artboardnya lebih dari satu. Kawan-kawan bisa menambahkan jumlahnya sesuai selera. Apa itu artboard? Ini diibaratkan kertas kanvas yang kemudian digandakan. Contoh, jumlah artboardnya 2, maka kertas kanvasnya nanti akan menjadi 2 secara bersebelahan.
Terus Klik "OK". Maka akan muncul Kanvas Putih yang nantinya akan menjadi tempat eksperimen kita.
Artboard dengan ukuran A4 dan orientasi Vertikal

2. Membuat ArtBoard dengan Template

New from Template...

Kali ini adalah dengan bantuan template yang sudah disediakan sebelumnya. Kawan-kawan klik New from Template >> (setelah itu akan keluar jendela).
Jendela baru New From Template
Secara default akan muncul folder "Blank Template", kita akan memakai yang satu ini saja karena kita bisa secara kustom membuatnya sendiri. Saya memilih "Brochure.ai"
Canvas dari New from Template
Sehingga akan memunculkan template kosong dengan guidenya. Ini adalah salah satu keunggulannya jika seandainya kita ingin membuat brosur misalnya.

Kesimpulan
Jadi sampai disini saja berkaitan dengan pembuatan Artboard barunya. Jadi ada beberapa cara, pertama dengan benar-benar membuat baru Artboardnya atau dengan template yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Kawan-kawan nantinya akan berkenalan dengan tools yang umum dan yang hanya ada di Adobe Illustrator CC. Akan lebih mudah jika dipraktekkan secara langsung agar sensor motorik langsung bisa bekerja dan berkenalan dengan Adobe Illustrator. Terima Kasih.


Oldest

1 komentar:

Click here for komentar
Anonim
admin
22 November 2016 pukul 03.35 ×

bagus buat pemula gan, tapi saya mau nanya ni. kenapa ya tampilan gambar vector yang saya buat pecah ya, retak gitu gak halus di artboard nya.. tolong solusinya gan..

Congrats bro Anonim you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar