Tutorial Menggunakan Shape Tool Adobe Illustrator CC : Part 1

Menggunakan Shape Tool
Tutorial Adobe Illustrator CC Gratis. Ketika kawan-kawan sudah menguasai cara melakukan seleksi baik itu dengan menggunakan Selection Tool maupun Direct Selection Tool, sekarang sudah saatnya kita perdalami lagi tool yang nantinya akan bekerja dengan shape. Orang-orang yang sudah akrab dengan desain grafis pasti akan akrab juga dengan shape (bentuk).


1. Tutorial Menggunakan Shape Tool
  • Rectangle Tool (M) 
 
Menggunakan Rectangle Tool (M)
Kawan-kawan yang ingin membangun shape berbentuk persegi bisa menggunakan Rectangle Tool yang ada pada toolbox atau dengan shortcut keyboard "M" supaya lebih cepat dan praktis. Dengan kata lain, Pilih Rectangle Tool (M) >> Drag cursor kawan-kawan pada artboard sehingga memunculkan bentuk persegi panjang. 
Tips. juga bagi kawan-kawan, jika menginginkan bujur sangkar, kawan-kawan tekan "shift" kemudian drag cursor ke artboard sehingga memunculkan shape berbentuk bujur sangkar.
Ada cara lain juga ketika kita ingin membuat bentuk persegi tanpa harus mendrag cursor dan cara ini juga berlaku ke semua shape tool lainya, seperti polygon tool, ellipse tool, maupun rounded rectangle tool.
Rectangle dengan cara klik
Pilih Rectangle tool (M) >> Klik cursor ke arah artboard, maka muncul jendela pengaturan  >> Pilih Widthnya misal 122 pt dan Heightnya misal 122 pt.
Hasil dari rectangle tool diklik sekali
Voila, secara default akan muncul shape berbentuk bujur sangkar. Nah, Ada yang penasaran apa fungsi dari bentuk rantai yang disebelah kanan jendela itu tadi?
Rantai terkunci pada jendela rectangle (1)

Rantai Terbuka pada rectangle tool (2)
Nah yang itu loh! Jadi gimana? Jadi Gini, ada dua buah jenis rantainya. Pertama pada gambar pertama (1) itu adalah Rantai yang terkunci, yang fungsinya menyamaratakan ukuran pada width maupun pada height. Jika widthnya kita tulis 122 pt makan secara otomatis heightnya akan mengikuti 122 pt juga. Clear? Lanjut lagi yang digambar kedua (2) Icon rantainya terlepas atau terbuka. Pada gambar ini kita bebas menentukan ukuran yang kita inginkan, misal Widthnya 122 pt maka heightnya nanti tidak akan mengikuti ukuran dari widthnya tadi. Jadi itulah fungsi dari rantainya. Dan ini berlaku pada Rounded Rectangle Tool dan Ellipse tool untuk yang lainnya akan dibahas juga.
  • Rounded Rectangle Tool
Rounded Rectangle Tool
Shape berbentuk seperti persegi hanya saja tiap ujungnya tidak siku. Tidak ada shortcut untuk shape ini. Jadi caranya adalah Klik dan tahan gambar rectangle tool >> pilih rounded rectangle tool.
Klik dan Tahan untuk memunculkan Pilihan shape
Untuk Adobe Illustrator CC 17.1, update versi ini memberikan kemudahan dalam menentukan round corner sesuai kehendak kita.
Rounded yang bisa diatur
Kesimpulan
Kedua Shape tool ini nanti akan sangat berguna dalam membantu kawan-kawan untuk membuat berbagai bentuk hal.Untuk versi Illustrator CC 17.1 keatas. Rounded Rectangle Tool sudah bisa diatur sendiri radius kelengkungan sudutnya, jika kawan-kawan masih menggunakan Adobe Illustrator CC versi 17.0 kawan-kawan hanya bisa mengaturnya di jendela pengaturan rounded rectangle tool dengan menulis nominal radiusnya.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
3 Maret 2022 pukul 05.59 ×

MGM National Harbor in Everett, MA - Dr.McCD
MGM National 속초 출장마사지 Harbor offers three hotel accommodations with a stay at the property: MGM 충청남도 출장샵 National Harbor 제천 출장마사지 is 제주도 출장마사지 located on the waterfront and features 과천 출장마사지 several on-site

Congrats bro ieaishakahnke you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar